Bagaimana menangani Covid dengan tepat

Badan Koordinasi Penanaman Modal

Posted by Humin

Lailany Yahya, M.Pd, menuturkan, Expo Wirausaha menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai upaya mewadahi semangat berwirausaha mahasiswa. Melalui Expo, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya mempromosikan kreatifitas produk Wirausahanya, namun juga memasarkan produk kepada masyarakat. Dalam penguatan semangat dan nilai-nilai berwirausaha dapat memberikan efek positif bagi pengembangan karakter mahasiswa.

Tantangan itu disampaikan pada mahasiswa dalam seminar kewirausahaan yang digelar Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Sabtu (8/11). Sementara itu, mahasiswa lainnya Hernansa Risqon mengaku dari usahanya membuka jasa fotografi dan rental foto bisa menghasilkan rata-rata Rp3 juta per bulan. Tahun 2018, dana yang dikucurkan untuk program PMW sebesar Rp580 juta dan digunakan untuk bantuan usaha bagi 87 mahasiswa yang lolos seleksi. Dana yang diberikan minimal Rp4 juta hingga Rp8 juta per mahasiswa. Bidang usaha yang dikembangkan sebagian besar trend dan kuliner. Seorang sarjana punya potensi untuk menjadi pengusaha dengan bekal ilmu pengetahuan dan wawasan yang ia miliki.

Inilah salah satu sosok mahasiswa yang menjadi cermin dari tagline Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto“ Kuliah sambil berwirausaha, di sini tempatnya!!! Masih menjadi hal nyata, bahwa kadang keinginan anak untuk menjadi pengusaha tidak selamanya mendapatkan restu dari orang tua. Para orang tua menuntut anaknya yang setelah lulus agar mencari kerja saja, bahkan ada yang menyuruhnya kerja di luar kota . Karena si anak terlalu penurut, maka cita-citanya sirna karena ego orang tua.

Saat ini Softbank telah berkembang menjadi perusahaan telekom raksasa. Prahara gerakan pengambilalihan kepemimpinan PD (GPK-PD) yang dilakukan KSP Moeldoko dan gerombolannya, berhasil diatasi dengan clear victory baik secara politik dan hukum, sekaligus mendulang keuntungan elektoral,”terangnya. Berteman membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah, namun tidak semua pemilik tanda zodiak piawai berteman, bahkan pilih-pilih teman. Era digital seperti sekarang ini telah membuka lebar peluang bagi siapapun untuk bisa memulai bisnisnya.

Prof Kacung mengatakan sebagai anak sulung dari lima bersaudara, Alim kecil memiliki tanggung jawab besar. Alim harus memupus keinginannya untuk melanjutkan sekolah hingga ke luar negeri. Sejak usia 15 tahun, Alim sudah bekerja membantu usaha ayahnya di gang kecil di kawasan Kapasan Surabaya.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Harus menjadi generasi yang mencirikan period revolusi industri four.0,” ucapnya. Sebagai pembicara terakhir, dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Unas Siti Tuti Alawiyah, M.Hum juga mengatakan, menjadi seorang wirausaha membutuhkan perjalanan yang panjang. “Prosesnya nggak semudah yang dibayangkan, kita harus tau langkah-langkah apa yang bisa digunakan. Jika sudah dapat keuntungan sedikit, waktunya untuk mengembangkan sayap lagi agar punya bisnis yang kokoh,” ujarnya.

Kewirausahaan merupakan gabungan kreativitas, inovasi,dan keberanian hadapi resiko dengan bekerja keras membentuk dan memelihara usaha. Keberhasilan wirausaha akan tercapai apabila didukung dengan beragam faktor termasuk kreativitas. “Kenapa tidak bisa jadi pengusaha karena jujur izinnya susah, kalau bukan anaknya pejabat susah untuk jadi pengusaha dari daerah. UU ini memberikan ruang yang cukup bagi teman-teman mahasiswa yang mau jadi kuliah jadi pengusaha,” ujar Bahlil dalam keterangannya melalui diskusi secara digital, kemarin.

Ilmu yang didapatkan akan bisa digunakan sebagai referensi untuk menentukan arah hidup selanjutnya. Himpunan Mahasiswa Pengusaha Indonesia Banten mengajak mahasiswa untuk berani wirausaha, sebagai calon pengusaha diminta untuk tidak takut untuk mencoba dan belajar. Serta terus berinovasi untuk membuat produk yang berbeda dengan yang lainnya. BANDARLAMPUNG – Dibutuhkan langkah kongkret untuk mewujudkan perubahan Indonesia yang lebih baik. Berangkat dari hal tersebut sejumlah pengusaha Lampung menantang mahasiswa untuk berani menjadi entrepreneur.

Selain mendirikan sendiri perusahaan setelah lulus kuliah, lulusan kewirausahaan juga memiliki banyak peluang kerja. Dengan kemampuan yang baik di bidang bisnis, manajerial dan keuangan, tentu ada banyak pekerjaan yang bisa ditekuni lulusan ini. Wawan menyebut, program kewirausahaan di kampus menjadi sangat penting mengingat angka pengangguran di Indonesia terus meningkat.

Karenanya, masuk jadi mahasiswa Polbangtan dan saat lulus menjadi pengusaha. Ubpa Aprilia Fahlefi, salah satu penerima Beasiswa Japfa Foundation tahun 2018, merupakan mahasiswa semester eight jurusan agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Saat ini, selain melakukan penelitian tugas akhir, Ubpa aktif sebagai Dewan Pengawas Komunitas Mahasiswa Ilmiah Pertanian, mentor bisnis bidang kuliner dan menjalankan usaha kuliner mi olahan dari sagu, MIHAGO.

Related Post