LIP

Strategi Perguruan Tinggi Mewujudkan Entrepreneurial Campus

Posted by Humin

Melalui usaha ini selain bisa mendapatkan keuntungan juga memberdayakan masyarakat melalui budidaya ikan. Dana itu merupakan bantuan dari pemerintah guna memberi semangat kepada mahasiswa untuk mengasah semangat wirausaha. Ilham tidak hanya mengembangkan potensi akademik tapi juga non akademik. Menurutnya, untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan jejaring relasi dan koneksi yang luas.

Mahasiswa mempunyai kepekaan berkontribusi terhadap permasalahan yang terjadi di luar dirinya maupun kegiatan kampus. Kontribusi mahasiswa tidak perlu terlalu besar, cukup sederhana namun dengan komunitas yang besar ini akan membawa dampak pada hal besar. Dengan begitu akan ada peluang terciptanya bisnis baru dan membuka lapangan pekerjaan.

“Tetapi kalau 500 juta batang bagi industri rokok, skalanya tidak kecil juga. Kalau 500 juta batang itu satu batangnya Rp1.000, dia sudah dapat Rp500 miliar. Jadi kalau harus bermitra lagi dengan industri yang sudah di atas 50 miliar batang, itu kan menghambat industri kecilnya tidak bisa tumbuh,” ujarnya. Salah satu Bola Online alasannya adalah sektor IKM-nya tidak tumbuh, karena dia harus bermitra dengan yang besar,” jelas Menperin. Oleh karena itu, untuk mendorong industri rokok berskala kecil dan menengah dapat tumbuh dan berkembang, pemerintah mengeluarkan industri rokok dari DNI dan tidak lagi mewajibkan bermitra dengan industri besar.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Apalagi sekarang ini seleksi memasuki perguruan tinggi sangat diseleksi oleh pihak perguruan tinggi, sehingga semakin banyak mahasiswa yang apatis terhadap kondisi saat ini. Dengan adanya kondisi seperti itu, sebagai mahasiswa manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan memahami konsep hidup yang benar sehingga mahasiswa akan mengetahui bagaimana masa depannya nanti agar tidak bergantung terhadap orang lain. Selain itu, PNP juga harus mampu menghasilkan produk yang berbasis teknologi dan memiliki inkubator bisnis dan inovasi. Penelitian dari para dosennya pun diarahkan untuk menghasilkan produk.

Setiap karyawan yang bekerja sebagai pegawai swasta maupun pegawai negeri tentu ingin memiliki jenjang karir yang baik dalam pekerjaannya. Jenjang karir dapat diraih saat kita bekerja dengan maksimal dan memiliki reputasi yang baik atas kinerja kita. Dari jenjang karir yang ingin kita raih ini tentu akan berdampak dengan pendapatan yang kita terima atau juga ilmu yang kita terima. “Ini lebih kepada memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk terjun menjadi seorang pengusaha. Dan diharapkan melalui expo ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman untuk bisa serius terjun menjadi pengusaha,” pungkasnya Lailany. “Nilai-nilai tersebut sangat penting bagi mahasiswa sebagai bekal untuk bisa bersaing ketika lulusan dari UNG, dan terjun kembali ke masyarakat,” terangnya. Kunci utamanya, ujar Yana, ‎ tekad yang gigih untuk berjuang menghadapi segala hambatan.

Jika kamu berkecimpung di dunia on-line, segera bangun merek bisnis kamu, ciptakan website toko online kamu, belilahdomain yang sesuaidan segera lakukan promosi di berbagai media online yang kamu miliki. Lebih – lebih sekarang memiliki website juga bukan lagi hal yang sulit. Kamu tidak harus memiliki keahlian programming untuk menciptakan web site toko online atau e-commerce bisnis kamu. Kamu bisa membelipaket toko on-line instan, yang sudah memberikan kamu website toko online, internet hosting untuk menyimpan information kamu dan area untuk alamat website kamu. Bisnis memang tidak luput dari resiko, apalagi saat kamu memutuskan berbisnis di usia muda dengan ilmu dan pengalaman yang minim. Idealnya kita selalu ingin bekerja dan nyaman mencari uang di tempat yang sesuai dengan keinginan dan pengalaman kerja kita, tapi jangan pernah takut untuk berani keluar dari zona nyaman kita sendiri.

“Jadi kita harus mengubah dari karyawan jadi pengusaha. Pengusaha by design yang mengutamakan peran perguruan tinggi. Harus membuka jurusan-jurusan yang sesuai dengan kebutuhan industri,” ujar Bahlil. Supaya usahamu makin berkembang, kamu butuh bantuan dari orang lain. Mintalah bantuan pada teman-teman atau mahasiswa dari fakultas lain yang bisa membantumu dalam hal di luar kemampuanmu. Jangan malas dan malu untuk terus menguji coba produkmu pada teman-temanmu.

Kita tahu bahwa di jaman sekarang ini sudah banyak sekali contoh pengacara yang sukses karena membuka lembaga bantuan hukum tertentu. Manajemen bisnis adalah sebuah program studi atau jurusan perkuliahan yang akan memberikan peluang untuk menjadi seorang pengusaha setelah lulus nanti. Memang bisa dibilang bahwa jurusan ini adalah jurusan yang paling direkomendasikan untuk mahasiswa yang ingin menjadi seorang pengusaha setelah lulus nanti karena mahasiswa akan banyak belajar seluk beluk tentang kewirausahaan. Mahasiswa akan tahu tentang sumber daya manusia, manajemen perusahaan sampai dengan manajemen keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Related Post